Layanan Passenger With Special Needs

Layanan Bagi Penumpang Berkebutuhan Khusus dari Pelita Air

Layanan passenger with special needs merupakan layanan yang ditujukkan kepada penumpang berkebutuhan khusus yang membutuhkan bantuan selama melakukan penerbangan bersama Pelita Air.

Penumpang berkebutuhan khusus adalah penumpang karena kondisi fisiknya dan/atau permintaan khusus penumpang yang memerlukan fasilitas dan perlakuan khusus, seperti penyandang disabilitas, lanjut usia, anak-anak, wanita hamil, dan orang sakit.

Peraturan tentang layanan berkebutuhan khusus juga telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal dalam Negeri.

Pelita Air tentu juga memprioritaskan kebutuhan penumpang berkebutuhan khusus, dengan menerapkan prinsip pelayanan, salah satunya ialah ramah disabilitas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penumpang berkebutuhan khusus sebelum naik pesawat: 

  1. Penumpang berkebutuhan khusus sangat disarankan untuk dapat menyampaikan kebutuhannya pada saat melakukan reservasi atau melalui contact center Pelita Air melalui nomor 0811-7110-800 (WA Chat Only), seperti layanan bantuan kursi roda atau lainnya.

  2. Sebelum di bandara, jangan lupa untuk memisahkan barang yang akan disimpan di bagasi dan barang yang harus dibawa di tas berbeda, seperti barang pribadi atau obat-obatan penting.

  3. Mengikuti panduan dari petugas saat proses check-in, boarding, hingga turun dari pesawat dan pengambilan bagasi. 

Berikut ini daftar penumpang yang termasuk dalam kategori penumpang berkebutuhan khusus:

Ibu hamil

Sebelum terbang, ibu hamil sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan surat rekomendasi medis dari dokter. Bagi ibu hamil yang sedang dalam kondisi tertentu, di mana ibu hamil tidak dapat menunjukkan surat rekomendasi medis dari dokter, Ibu hamil diharuskan menandatangani Formulir Ganti Rugi yang dikeluarkan oleh Pelita Air Service di konter check-in yang membebaskan tanggung jawab Pelita Air dari insiden yang mungkin terjadi sebagai akibat dari penerbangan. 

Jika penumpang tidak dapat menandatangani pernyataan tersebut, penumpang dapat menunjuk perwakilan keluarga untuk menandatangani pernyataan tersebut. Perlu diketahui, ibu hamil dengan usia kehamilan di atas 36 minggu, tidak diperkenankan untuk perjalanan udara.

Penyandang disabilitas

Bagi penumpang penyandang disabilitas yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual, atau sensorik, juga berhak mendapatkan layanan khusus. Petugas memastikan agar tersedianya fasilitas ramah disabilitas secara maksimal guna membantu interaksi yang berlangsung dan mendapatkan kesamaan hak dengan penumpang lainnya.

Bayi dan anak-anak 

Bagi bayi maupun anak-anak yang berusia 6-12 tanpa pendamping, akan diberikan akses layanan kebutuhan khusus agar penerbangan anak dapat berjalan nyaman dan aman. Adapun beberapa fasilitas untuk anak-anak tanpa pendamping yang berusia dari 6-12 tahun ialah, menyediakan petugas yang menangani anak-anak pada proses pre-flight, in-flight, dan post-flight, termasuk transit atau transfer. Layanan untuk anak-anak tanpa pendamping ini biasa disebut sebagai unaccompanied minor.

Bagi anak-anak yang bepergian tanpa pendamping, penumpang juga diwajibkan membuat berita acara serah terima yang mengantar pada petugas, dari petugas kepada keluarga yang menjemput, serta berita acara serah terima antar petugas di setiap titik layanan. Terakhir, memberikan pelabelan tanda UM (unaccompanied minor) kepada penumpang anak-anak dan pada bagasi kabin yang tercatat. 

Lansia

Orang tua yang berusia 60 tahun ke atas, termasuk kategori penumpang berkebutuhan khusus karena pada umumnya kerap mengalami kesulitan dan tidak dapat berpergian sendirian. Petugas akan membantu baik dalam mengakses informasi, mengikuti prosedur, hingga selama penerbangan berlangsung. 

Orang sakit

Jika seseorang sedang sakit dan membutuhkan fasilitas tambahan, seperti oxygen mask atau kursi roda, akan diberi pelayanan khusus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Dengan memahami layanan passenger with special needs atau pelayanan untuk penumpang berkebutuhan khusus dalam penerbangan Pelita Air, kamu dapat menikmati perjalanan yang aman dan nyaman. Pelita Air juga selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi hak-hak penumpang secara maksimal. Yuk, terbang bersama Pelita Air sekarang!