Ketinggalan Pesawat? Segera Lakukan 5 Langkah Ini!

Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Ketinggalan Pesawat

Kejadian ketinggalan pesawat merupakan salah satu kekhawatiran terbesar para calon penumpang. Selain regulasi khusus yang berbeda dari jenis transportasi lainnya, pilihan jadwal penerbangan juga terbatas dan perlu berhati-hati saat memesannya. 

Supaya enggak bingung menghadapi momen seperti ini, berikut adalah 5 solusi yang bisa kamu lakukan saat ketinggalan pesawat!

1. Mengecek ulang detail tiket pesawat

Perlu diketahui bahwa terdapat berbagai jenis tiket pesawat, masing-masing dengan syarat dan ketentuan berlaku yang mengikatnya. Contohnya, jika tiket yang kamu miliki merupakan tiket promo, maka dengan tiket tersebut tidak bisa dilakukan pengembalian dana (refund) dan akan hangus, sehingga kamu perlu membeli tiket pesawat baru. Sebaliknya, apabila tiket yang kamu punya adalah tiket dengan harga normal, maka kemungkinan besar kamu bisa memakainya untuk penerbangan berikutnya atau melakukan refund. Nah, karena itu calon penumpang harus terbiasa untuk teliti sebelum membeli tiket pesawat dan tiba di bandara lebih awal agar tidak ketinggalan pesawat atau informasi mendadak terkait penerbangan yang dipilih.

2. Menghubungi pihak maskapai secepatnya

Saat ketinggalan pesawat, kamu bisa melapor ke konter maskapai penerbangan untuk menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi. Jika tidak bisa menemukan konter maskapai, kamu dapat menghubungi customer service. Biasanya, pihak maskapai akan memberi tindak lanjut dari kondisi ini dengan berbagai cara, salah satunya adalah jika masih ada kursi yang tersisa, maka penumpang diperbolehkan naik ke penerbangan selanjutnya. Semakin cepat kamu menghubungi pihak maskapai, maka semakin cepat juga mereka mencari solusi untuk masalah ini. 

3. Meminta kompensasi atau beli tiket lagi

Situasi ketinggalan pesawat juga mungkin terjadi akibat faktor eksternal yang disebabkan oleh pihak maskapai itu sendiri, seperti perubahan jadwal atau delay akibat masalah teknis. Kalau kamu mengalaminya, maka penumpang berhak meminta kompensasi kepada pihak maskapai. Kompensasi umumnya bisa didapatkan apabila terjadi gangguan penerbangan, misalnya penerbangan tertunda tiga jam atau lebih, penerbangan dibatalkan, atau penumpang ditolak naik pesawat karena alasan tertentu.

4. Mengabari akomodasi atau tempat yang dituju 

Kalau ada suatu tempat atau akomodasi dengan reservasi yang sudah dijadwalkan, maka kamu wajib menghubungi pihak terkait untuk mengabari situasi dan kondisi terkini. Hal ini dilakukan guna menghindari biaya tambahan atau pembatalan otomatis yang berlaku pada tempat atau akomodasi yang dituju. Kamu bisa memberi perkiraan waktu sampai atau mendiskusikan jadwal terbaru yang sesuai dengan perjalananmu.

5. Beralih ke moda transportasi lain

Jika semua cara tadi sudah kamu coba tapi tidak kunjung menemukan titik terang, karena tidak ada jadwal penerbangan lain di hari yang sama atau tidak bisa dijadwalkan ulang, maka pilihan terakhirnya adalah naik transportasi lain. Kamu bisa pergi ke tempat tujuan naik kereta, bis, kapal, atau kendaraan pribadi. Dengan begini, rencana perjalanan yang sudah direncanakan bisa tetap dilakukan meskipun dengan sedikit perubahan jadwal dan biaya tambahan tak terduga.

Untuk mencegah hal seperti ini terjadi, pastikan kamu memperhatikan jadwal dan ketentuan yang berlaku pada tiket pesawat. Kalau mau bepergian dengan nyaman, Pelita Air punya jawabannya! Pelita Air memiliki ‘Starla’ customer service yang akan membantu memantau jadwal penerbangan, fasilitas yang didapatkan, dan siap melayani 24 jam. Kamu juga bisa check-in online lewat aplikasi, jadi lebih praktis dan terhindar dari ketinggalan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera pesan tiket pesawatmu dan nikmati perjalanan seru bersama Pelita Air!