Cek Informasi Prosedur Keluhan Bagasi Tertinggal Maskapai Pelita Air

Cek Informasi Layanan Penanganan Barang Tertinggal di Pesawat

Seringkali saat melakukan perjalanan melalui transportasi udara, kita membawa lebih banyak barang. Dan tidak menutup kemungkinan, jika dalam kondisi yang terburu-buru kita menjadi kurang teliti atau bahkan barang yang kita bawa bisa hilang atau ketinggalan. Namun, bagi kamu yang mengalami hal tersebut, ada baiknya untuk jangan khawatir secara berlebih terlebih dahulu, ya!

Karena Pelita Air juga memiliki prosedur yang harus dilakukan saat melaporkan barang hilang atau tertinggal. Berikut merupakan informasi yang harus kamu ketahui!

Berapa Masa Simpan Barang Tertinggal?

Barang yang tertinggal akan disimpan oleh petugas dengan ketentuan sebagai Berikut:

  1. Masa simpan barang hilang atau tertinggal yaitu 30 hari
  2. Terkhusus barang yang termasuk makanan dan barang berbahaya (dangerous goods), masa simpannya hanya 1x24 jam
  3. Jika kamu akan mengambil barang setelah melewati masa simpan, akan dikenakan biaya penitipan barang.
  4. Barang yang telah melewati masa simpan akan disumbangkan atau dihancurkan khusus kategori tertentu.

Laporan Kehilangan Barang:

Jika masih di dalam bandara, kamu bisa menghubungi:

  • Mendatangi pusat informasi yang ada di bandara
  • Menghubungi contact center bandara
  • Mendatangi ruangan lost and found Pelita Air sebelum keluar bandara (jika barangmu terdaftar sebagai bagasi tercatat)

Namun, jika kamu sudah berada di luar area bandara, dan barang tertinggal adalah bagian yang disimpan pada kabin pesawat, kamu bisa menghubungi langsung contact center Pelita Air yang tersedia pada platform Chat Starla, Customer Care via WhatsApp di 0811-7110-800, Media Sosial resmi Pelita Air, dan platform Email di customercare@info.pelita-air.com.  Namun, jika barang tidak ditemukan, hal tersebut bukanlah tanggung jawab pihak Pelita Air.

Untuk menghindari ketertinggalan barang tersebut, ada baiknya kamu datang lebih awal sebelum melakukan penerbangan agar dapat mempersiapkan barang bawaan kamu. Kamu juga dapat memberikan label/penanda pada barang bawaan kamu untuk memudahkan pelacakan barang hilang/tertinggal. Pelita Air selalu memberikan kenyamanan bagi penumpangnya di setiap perjalanannya. Dengan kemudahan tersebut, kamu bisa memiliki kemudahan lainnya dengan pesan tiket secara online di website Pelita Air.